Tuesday, April 19, 2011

Motor Pembakaran Dalam :Bab 4 Sistim Pelumasan

4.1 Pendahuluan

Dalam suatu mekanisme bila ada gerakan relatif antara dua atau lebih komponen mekanisme tersebut maka pasti terjadi gesekan diantara komponen-komponen tersebut. Pada motor bakar gesekan terjadi pada bagian-bagian : antara poros dengan bantalannya, antara torak dan cincin torak dengan dinding silinder, antara roda gigi satu dengan pasangannya dan lain-lain. Untuk mengatasi gesekan itu agar mekanisme tetap dapat bergerak sesuai dengan yang diinginkan diperlukan daya. Oleh karena itu gesekan tersebut harus diusahakan dieleminasi agar daya mesin tidak terlalu banyak yang hilang akibat gesekan tersebut. Lebih dari itu gesekan tersebut juga menyebabkan permukaan komponen yang bersentuhan tersebut menjadi cepat aus. Gesekan tersebut dapat dieleminir dengan cara memberikan pelumasan. Minyak pelumas berfungsi untuk membuat celah (gap) antar dua permukaan yang saling bersentuhan sehingga intensitas kontak antara keduanya menjadi berkurang. Tetapi gesekan itu masih juga terjadi karena adanya tegangan geser pada pelumas itu sendiri. Pada umumnya motor bakar menggunakan pelumas cair. Pelumas jenis ini selain mudah mengalir juga berfungsi sebagai media pendingin, pembersih dan penyekat.

4.2. Sistim Pelumasan

Beberapa cara pelemusan yang biasa digunakan pada motor bakar adalah :

1. Sistim tekanan penuh

2. Sistim cebur

3. Sistin gabungan

Minyak pelumas harus dapat mencapai seluruh bagian yang dilumasi serta dapat berfungsi dengan baik. Pilihan terhadap sistim pelumasan tergantung pada konstruksi mesin dan kebutuhan terhadap pelumasan.

Sistim Pelumasan Tekanan Penuh

Pada umumnya mesin besar dan mesin untuk alat transportasi menggunkan sistim pelumasan tekanan penuh. Hal ini disebabkan bantalan-bantalan dan minyak pelumas berada dalam kondisi yang lebih dingin. Minyak pelumas dialirkan ke beberapa bantalan, poros, batang penggerak, dan seluruh bagian yang memerlukan pelumasan. Tekanan minyak pelumas berkisar antara 50 s/d 100 psi

selengkapnya > download ebook:

http://www.ziddu.com/download/15080106/4SISTIMPELUMASAN.pdf.html

No comments:

Post a Comment