Tuesday, April 19, 2011

termodinamika dasar: BAB I PENDAHULUAN

1.1. HAKEKAT TERMODINAMIKA

Termodinamika adalah ilmu yang mempelajari tentang dinamika termal. Dinamika termal tersebut ditandai dengan adanya perubahan sifat-sifat materi. Materi dapat berphasa cair, padat dan gas ataupun campuran. Cara kerja berbagai sistim perubah energi dapat dijelaskan dengan termodinamika, misalnya : motor bakar, roket turbin gas pembangkit tenaga listrik pendingin udara dan lain-lain.

Dalam ilmu termodinamika dikenal adanya konsep, model dan hukum. Konsep adalah berbagai gagasan yang ditungkan dalam sebuah definisi. Kondisi fisika alam semesta ini sungguh sangat kompleks sehingga sebuah definisi tidak mungkin dapat menjelaskan seluruh penomena yang ada. Oleh karena itu diperlukan model untuk mempersempit permasalahan. Jadi model adalah penyederhanaan suatu permasalahan sehingga dapat dijelaskan secara matematik yang dapat diterima. Kemudian faham dan pengertian yang terkandung dalam model harus dituangkan kedalam istilah matematik yang tepat dalam persaman dasar atau hukum.

1.2. RUANG LINGKUP

Beberapa contoh ruang lingkup penerapan ilmu termodinamika adalah sebagai berikut:

1.2.1. Pembangkit listrik Tenaga Uap

Uap dihasilkan pada unit penghasil uap lalu diekspansi pad turbin uap. Tenaga yang dihasilkan turbin digunakan untuk menggerakkan generator listrik.



Gambar 1.1.: Pembangkit Listrik Tenaga Uap

1.2.2. Motor bakar

Termasuk dalam motor bakar ini mesin bensin dan mesin disel. Bahan bakar dibakar dalam ruang bakar mesin menghasilkan tekanan tinggi, lalu tekanan tersebut mendorong torak sehingga menghasilkan tenaga.



Gambar 1.2: Motor Bakar Torak

1.2.3. Turbin Gas

Udara dinaikkan tekanannya dengan kompresor lalu masuk ruang bakar. Dalam ruang bakar disemprotkan bahan bakar dan sekaligus dinyalakan sehingga terjadi pembakaran yang menghasilkan tekanan tinggi. Kemudian gas pembakaran bertekanan dan bertemperatur tinggi tersebut diekspansi pada turbin gas untuk menghasilkan tenaga.



Text Box: Turbin Gas

Gambar 1.3: Turbin Gas

1.2.4. Generator Termoelektrik

Sebuah junction yang dibuat dari material semikonduktor tipe N dan P diberikan kalor. Karena kedua logam tersebut tidak sama akan ada aliran elektron , disebabkan oleh beda potensial dari dua logam berbeda tipe yang bertemperatur sama tersebut.

Gambar 1.4: Generator termoelektrik

1.2.5. Mesin Pendingin

Media pendingin (Freon) menyerap kalor sehingga berubah phasa menjadi uap lalu dikompresi dengan kompresor supaya tekanan dan temperaturnya tinggi. Hal ini bertujuan supaya Kalor yang diserap Freon tadi mudah dibuang ke atmosfer sehingga Freon terkondensasi menjadi cair lagi. Selanjutnya Freon cair diturunkan tekanannya dan temperaturnya dengan cara diekspansi pada katup ekspansi. Hasilnya Freon kembali menjadi dingin dan siap menyerap kalor lagi.



Gambar 1.5: Mesin pendingin kompresi uap

1.3. DIMENSI DAN UNIT

Sistim internasional (SI unit) adalah sistim unit/ satuan yang merupakan pegembangan dan penyempurnaan sistim metric tradisional.. Dalam sistim SI yang membedakannya dengan sistim metric adalah pemakaian NEWTON sebagai satuan gaya. Tabel dibawah adalah table unit dan dimensi untuk sistim SI

Tabel 1.1: Unit dan dimensi sistim SI

Kuantitas

Dimensi

Unit/Satuan

Arti

Panjang

L

m

Meter

Massa

M

kg

Kilogram

Waktu

t

sc

Second

Temperatur

T

K

Kelvin

Gaya

ML/t2

kg m/sc2 = N

Newton

Kecepatan

L/t

m/sc

Meter per second

Percepatan

L/t2

m/sc2

Meter per secod kuadrat

Frekuensi

1/t

1/s =hz

Herzt

Tekanan

M/t2L

kg/sc2m = N/m2

Pascal

Energi

ML2/t2

kg m2/sc2 = N-m

Joule

Daya

ML2/t3

Kg.m2/sc2 = N-m/sc

J/sc = Watt

Keterangan:

Unit temperature adalah Kelvin yang disebut temperature mutlak (), dimana t adalah temperatur dalam derajat Celcius (OC).

Tabel dibawah adalah table unit dan dimensi untuk sistim British

Tabel 1.2: Unit dan dimwnsi sistim British

Kuantitas

Dimensi

Unit/Satuan

Arti

Panjang

L

ft

Food

Massa

M

lbm

Pound massa

Waktu

t

sc

Second

Temperatur

T

oR

Rankin

Gaya

F

lbf

Pound gaya

Kecepatan

L/t

ft/sc

Feed per second

Percepatan

L/t2

ft/sc2

Feed per secod kuadrat

Frekuensi

1/t

1/s = hz

Hertz

Tekanan

F/L2

lbf/ft2

Pound gaya per feed kuadrat

Energi

FL

ft-lbf

Feed-pound

Daya

FL/t

ft-lbf/s

Feed-pound per second

Keterangan:

Unit temperature adalah Rankin yang disebut temperature mutlak () dimana t adalah temperatur dalam derajat Fahrenheit (OF).

No comments:

Post a Comment