Sunday, May 22, 2011

Motor Pembakaran Dalam : Bab 7 Motor Diesel

7.1 Pendahuluan

Motor disel adalah motor bakar torak yang berbeda dengan motor bensin. Perbedaan tersebut terletak pada sistim penyalaannya.,yang tidak dengan loncatan bunga api listrik. Pada saat langkah isap hanya udara segar saja yang dihisap masuk ke dalam silinder. Pada waktu langkah kompresi dan posisi torak hampir mencapai TMA bahan bakar disemprotkan ke dalam silinder. Maka terjadilah proses penyalaan untuk membakar bahan bakar ketika udara yang dikompresi didalam silinder (ruang bakar) sudah bertemperatur tinggi dan mencapai temperatur nyala dari bahan bakar tersebut. Temperatur penyalaan bahan bakar tersebut dapat dipenuhi apabila rancangan dari mesin menggunakan perbandingan kompresi yang cukup tinggi, berkisar antara 12 sampai 25. Perbandingan kompresi yang rendah pada umumnya dipergunakan pada motor disel berukuran besar dengan putaran rendah. Sedangkan perbandingan kompresi yang tinggi banyak dipakai pada motor disel berukuran kecil dengan putaran tinggi (± 4000 rpm). Namun demikian, perancang cenderung mempergunakan perbandingan kompresi yang serendah-rendahnya berdasarkan pertimbangan kekuatan material serta berat mesin dan getaran yang ditimbulkannya. Oleh karena itu, pada umumnya motor disel bekerja dengan perbandingan kompresi antara 14 dan 17.

7.2 Sistem Bahan Bakar

Di dalam sub bab ini akan dibicarakan beberapa sistem penyaluran bahan bakar dari tangki bahan bakar samapai masuk kedalam silinder, yang banyak dipergunakan pada motor disel.

Ada tiga sistem yang banyak dipakai yaitu (Gb. 46, 47, dan 48):

1 Sistem pompa pribadi.

2 Sistem distribusi.

3 Sistem akumulator.

Ketiga sistem ini mempergunakan beberapa komponen yang sama yaitu tangki, beberapa saringan dan pompa (tekanan rendah) penyalur. Karena motor ini termasuk motor injeksi maka saringan bahan bakar (filter) menjadi sangat penting, karena sedikit saja ada kotoran yang ikut masuk kedalam nosel akan dapat menyumbat nosel tersebut.


selengkapnya > download ebook : http://www.ziddu.com/download/15079864/7MotorDiesel.pdf.html

No comments:

Post a Comment