Pendahuluan
selengkapnya > download ebook :
http://www.ziddu.com/download/15079863/8TroubleShooting.pdf.html
Pada operasinya mesin sering kali mengalami gangguan-gangguan yang harus segera ditangani agar mesin selalu beroperasi pada kondisi optimum. Agar dapat menemukan sumber gannguan secara cepat harus diiukuti prosedur tertentu. Prosedur menenmukan gangguan tersebut dapat dibaca pada table berikut ini.
No. | Jenis Gangguan | Kemungkian Penyebabnya | Periksa/Perbaiki |
1 | Mesin tidak bisa start | a. Baterai lemah | Isi atau ganti baterai |
b. Rangkain starter terbuka | Periksa soket dan baut kabel | ||
c. Motor starter macet | Lepas dan periksa atau ganti | ||
d. Relay starter macet | Idem | ||
e. Mesin macet | Periksa mesin | ||
f. Transmisi tidak netral | Periksa & netralkan | ||
2 | Mesin berputar pelan tetapi tidak bisa start | a. Baterai lemah | Isi atau ganti baterai |
b. Motor starter cacat | Lepas dan periksa atau ganti | ||
c. Hubungan kabel starter buruk | Periksa soket dan baut kabel | ||
3 | Mesin berputar normal tetapi tidak bisa start | a. Cacat pada sistim penyalaan | Periksa busi/injector, saat penyalaan &sistim penyalaan |
b. Pompa bahan bakar cacat atau tersumbat | Periksa pompa, saluran bahan bakar, filter, choke dan karburator/injektor. | ||
c. Kebocoran udara pada intake manifold atau karburator | Kencangkan baut, ganti gasker. | ||
d. Kerusakan mesin | Periksa kompresi, kebocoran, gerak katup dan timing | ||
e. Resistor bypass putus | Gani | ||
f. Filter bahan bakar tersumbat | Bersihkan atau ganti | ||
g. Saluran bunag tersumbat | Bersihkan atau ganti | ||
4 | Mesin hidup satu silinder mati | a. Busi mati | Bersihkan atau Ganti |
b. Kepala distributor atau kabel busi cacat | Ganti | ||
c. Katup terganjal kotoran | Bersihkan | ||
d. Pegas katup putus | Ganti | ||
e. Katup terbakar | Ganti | ||
f. Push rod bengkok | Ganti | ||
g. Kontur kam rusak | Ganti | ||
h. Torak atau cincin torak cacat | Ganti | ||
i. Gasket kepala silinder bocor | Ganti | ||
j. Intake manifold bocor | Keraskan baut, ganti gasket | ||
5 | Mesin hidup tetapi daya berkurang baik kondisi panas maupun dingin | a. Cacat pada sistim penyalaan | Periksa timing, distributor, kabel2, condenser, coil dan busi |
b. Cacat pada sistim bahan bakar | Periksa karburator, choke, filter, filter udara dan pompa bahan bakar | ||
c. Katup Udara tidak terbuka penuh | Sesuaikan penyetelannya | ||
d. Saluran buang terhambat | Periksa saluran, muffler, bersihkan | ||
e. Kompresi turun | Periksa kompresi dan kebocoran | ||
f. Terlalu banyak karbon pada mesin | Bersihkan | ||
g. Oli terlalu kental | Ganti yang lebih sesuai | ||
h. Kualitas bahan bakar buruk | …..? | ||
i. Sistim transmisi cacat | Periksa sistim transmisi | ||
6 | Mesin hidup tetapi daya berkurang pada kondisi panas saja. | a. Mesin overheat | Periksa sistim pendinginan |
b. Choke terbuka sebagian | Perbaiki/ sesuaikan | ||
c. Advencer rusak | Ganti | ||
d. Timing terlambat | Sesuaikan | ||
7 | Mesin hidup tetapi daya berkurang pada kondisi dingin saja. | a. choke tertutup | Periksa, buka |
b. Thermostat pendingin rusak katup terbuka | Ganti | ||
8 | Mesin overheat | a. Air pendingin kurang | Tambah, periksa kebocoran |
b. Timing terlambat | Sesuaikan | ||
c. Belt kipas pendingin putus | Ganti | ||
d. Thermostat rusak , katup tertutup | Ganti | ||
e. Selubung air pendingin tersumbat | Bersihkan | ||
f. Pipa radiator bocor | Ganti | ||
g. Pompa pendingin cacat | Perbaiki/ ganti | ||
h. Level oli kurang | Tambah | ||
i. Suhu udara terlalu panas | ….? | ||
j. Kipas pendingin cacat | Ganti | ||
k. Timing katup terlambat | Periksa timing belt, setel katup atau ganti | ||
l. Advencer tidak bekerja | Periksa saluran vacuum. | ||
|
|
|
|
9 | Putaran idle tersendat | a. Penyetelan idle tidak tepat | Sesuaikan |
b. Item 7 dan 5 |
| ||
10 | Mesin hidup sebentar lalu mati | a. Choke tertutup | Buka |
b. Bahan bakar tidak mengalir | Periksa sistim bahan bakar | ||
c. Putaran idle terlalu rendah | Sesuaikan | ||
d. Katup solenoid bahan bakar tidak terbuka | Periksa |
No comments:
Post a Comment